Selasa, 10 Desember 2013

Coretan yang lain

DINGIN


aku pergi, mith. dari tempat yang lama merawatku lama di dalamnya. kini, aku sampai di rumah baru, di rumah dulu. tempat manusia mengembangkan senyumannya untuk menyapa. angin terasa lebih dingin di puncak ini. kurangkul dingin sendirian, sembari menepikan jarum-jarum untuk memasukkan benang kecil, lalu kurajut dengan pelan-pelan. seperti merangkul kesanggupan hidup ini, mith.

dingin ini banyak ajari aku untuk mengenal dahaga yang tersimpan rapih di dalamnya. mith, aku harus melepas banyak nama agar aku tak kedinginan dengan semua kenangan. ketika aku  berniat melepasnya, aku kehilangan semuanya. betapa curam pilihan itu, beginilah kita diadakan. maka, kita memang paling jeli mengakrabi kedinginan ini. mith, jangan jauh dariku. sampai kehidupan mana pun, kita bukan masing-masing perintah yang memasang senjata-senjata tajam dan ledakan untuk menghancurkan kedamaian orang-orang pribumi sini. tapi mungkin benar, pada akhirnya kita harus tegar dan tabah memasuki tanda tanya yang lebih kekar.

di sini tidak sedang hujan, mith. air yang biasa turun dari langit yang mengabu garang, terpaksa berhenti lama. hujan itu pindah ke hati, di hatiku sendiri aku masih mencari-cari seorang arsitektur perancang drainase terhebat di kawasan paling suci manusia miliki. di depanku, ada quran yang baru tadi ditutup. penuh percakapan yang menjelaskan tentang hidup, tentang orang beriman dan kekuasaan atas godaan syetan itu. siapa syetan itu, mith? yang bisa menjelma jadi apa saja semaunya. kita ini masih manusia kan mith? apa syetan itu bisa merasakan sedih dan bahagia? muram dan senyum? mungkin yang membedakan, kekonsistenan mereka lebih serius dan menjurus.

orang tak akan percaya kalau aku ini keturunan drakulla dan sehu datang tiba-tiba menyadarkan identitas ini kembali. mith, aku vampire yang sangat baik ya sejauh ini. rajin beribadah walau tak sampai menjangkau ke dalam, tamat puasa apalagi harus menahan lapar kehabisan labu di kulkas. orang di sini tak mau tahu, mith. aku tuh mayat hidup yang kadang update status kalau buka facebook. iman mereka sudah tinggi-tinggi ya, jadi tak percaya tentang vampire dan keturunannya.

maka di sinilah, aku mengurung diri, mith. itikaf. tapi itikaf harus di dalam mesjid, dan yang dilakukan olehku adalah menjauhi manusia. mith, betapa indah hidup ini dihidupi oleh rahasia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar